cover
Contact Name
Wahyu Agus Winarno
Contact Email
wahyua2@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jeam.editor@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN
Published by Universitas Jember
ISSN : 14125366     EISSN : 24599816     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi, Akuntansi,dan Manajemen (JEAM) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Jember, sebagai media transformasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan April, dan September dengan ISSN (Print): 1412 - 5366 dan ISSN (Online): 2459 - 9816. Penyunting menerima tulisan yang belum pernah dimuat di media lain, dengan mengacu pada pedoman penulisan yang ada
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 1 (2012)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT SYSTEM DALAM UPAYA PENINGKATAN CLEAN AND GOOD GOVERNANCEDI INDONESIA Arum Sari, Kusuma Dewi; Winarno, Wahyu Agus
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan paradigma kehidupan bernegara sejak reformasi 1998, membawa suatu tuntutan terciptanya clean andgoodgovernance di Indonesia. Dalam mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kebijakan yang terarah salah satunya melalui pemanfaatan Teknologi Informasi berupa e-government. E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan pilihan pada masyarakat untuk mengakses informasi secara mudah guna meningkatkan transparansi, akuntabilitas, maupun partisipasi masyarakat sehingga dapat menjadi sarana check and balances kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukkan, perkembangan sistem e-government di Indonesia secara kuantitas mulai meningkat namun secara kualitas hal ini belum memadai.Untuk lebih meningkatkan pengembangan e-government di Indonesia baik dari segi kuantitas maupun kualitas maka diperlukan adanya komitmen dari pemerintah dalam menyempurnakan pengembangan e-government terutama dari segi infrastruktur, SDM, aplikasi, regulasi serta sosialisasi di internal pemerintah maupun kepada masyarakat. Bila dilakukan dengan serius hal tersebut dapat mendukung tercapainya keberhasilan implementasi e-government dan mampu memperbaiki mutu pelayanan publik demi terciptanya clean and good governance di Indonesia. Kata kunci: E-Government, clean and good governance, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik
ANALISIS BALANCED SCORECARD KINERJA PEMASARAN DEALER HONDA GARUDA JAYA MOTOR CABANG GENTENG BANYUWANGI Dimyati, Mohamad
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemasaran Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi dengan pendekatan Balanced Scorecard dalam empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah seluruh pembeli sepeda motor pada Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi. Sampel penelitian terdiri dari sampel eksternal perusahaan yaitu pembeli sepeda motor Honda yang membeli atau mengunjungi dealer pada waktu penelitian dilaksanakan dan sampel internal perusahaan yaitu seluruh karyawan Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk konsumen dengan jumlah 100 responden dan metode sensus untuk karyawan dengan jumlah 19 responden. Data yang dianalisis adalah data primer dan data sekunder. Model analisis data menggunakan Balanced Scorecard. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kinerja pemasaran Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi dikategorikan sebagai dealer yang memiliki kategori baik. Kinerja dalam perspektif keuangan dalam keadaan baik. Perspektif pelanggan menggambarkan kepuasan konsumen yang baik. Perspektif proses bisnis internal menggambarkan keadaan yang cukup baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan masuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Balanced Scorecard, Kinerja Pemasaran
PERBEDAAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI) Yulinartati, Yulinartati
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan persentase kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator (3) Perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Sampel penelitian ini adalah perusahaan pada sektor manufaktur tahun 2006 - 2008 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 34 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator tidak dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Terdapat perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Kata Kunci: Tanggung jawab sosial perusahaan, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajemen
RASIO–RASIO YANG MEMBEDAKAN (DISCRIMINATOR) KINERJA KEUANGANleverage multiplierANTARA KELOMPOK PERBANKAN SYARIAH DAN KELOMPOK PERBANKAN KONVENSIONALDI INDONESIA Ekaningsih, Lely Ana Ferawati; Roziq, Ahmad
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan yang dimiliki oleh rasio–rasio keuangan yang terdiri CR, QR, LDR, CAR, DRR, GPM, NPM, ROA, ROE, LM, AU dalam membedakan (discriminator) kinerja keuangan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional, serta untuk menganalisis penilaian kinerja keuangan perbankan yang paling baik antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 11 (sebelas) rasio keuangan yang dianalisis terdapat 5 (lima) rasio keuangan yang memiliki kemampuan membedakan (discriminator) secara signifikan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional. Rasio-rasio tersebut antara lain: CR, GPM, ROE, NPM dan AU. Sedangkan 6 (enam) rasio keuangan yang lain tidak memiliki kemampuan membedakan (bukan discriminator) yang signifikan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional yang diantaranya adalah: QR, L/FDR, CAR, DRR, ROA, dan LM. Berdasarkan perbandingan score diskriminan dapat disimpulkan kinerja keuangan perbankan syariah lebih baik daripada kinerja keuangan perbankan konvensional Kata Kunci: Bank Syariah, Bank Konvensional, Rasio-rasio Keuangan.
PENGARUH STRATEGI BERSAING DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL PERFORMANCE Lucyanda, Jurica; Rahmayanti, Ade
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi bersaing dan corporate governance terhadap intellectual capital performance. Strategi bersaing yang digunakan adalah kerangka strategi bersaing Porter (1985) yaitu strategi differentiation dan strategi low cost.Intellectual capital performancediukur dengan menggunakan model Pulic (VAICTM). Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak43 perusahaan perbankan, credit agencies other banks, insurance, dan securities di Indonesia selama periode 2007-2009. Pengujian hipotesismenggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa corporate governance berpengaruh terhadapintellectual capital performance,sedangkanstrategi bersaing tidakterbuktimempunyaipengaruh yang signifikanterhadapintellectual capital performance. Kata kunci: strategi bersaing, corporate governance, intellectual capital performance
PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG MELAKSANAKAN DAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PLANS (ESOPs) Irmadariyani, Ririn; Dian N, Eva Mery
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja perbankan yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs. Sampel pada penelitian ini adalah perbankan yang melaksanakan ESOPs dan perbankan yang tidak melaksanakan ESOPs pada kurun waktu 2007 -2010. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja keuangan bank dengan menggunakan 4 rasio keuangan untuk membuktikan hipotesis dengan menggunakan uji t beda terhadap rasio-rasio keuangan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 4 rasio keuangan yang ada, Capital Adequeacy Ratio (CAR), Non Performing Loans (NPL), biaya operasional/pendapatan operasional (BOPO), dan Loan to Deposito Ratio (LDR), data tersebut berdistribusi normal maka dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan alat analisis statistik parametrik yaitu dengan menggunakan alat uji Independent sample T-Test, hal ini dilihat dari nilai signifikansi Kolmogorof-Smirnov (SIG) keempat variabel tersebut yang lebih besar dari 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis tersebut yaitu berdasarkan rasio CAR dan NPL tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja bank yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs, sedangkan berdasarkan rasio BOPO dan LDR terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja bank yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs. Kata Kunci: Kinerja keuangan, Employee Stock Ownership Plans (ESOPs)
PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN TINGKAT KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP PERILAKU PENGHINDARAN PAJAK, KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Suyanto, Suyanto
JURNAL EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 11, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hubungan antara pelayanan fiskus dan tingkat kesadaran wajib pajak menarik banyak perhatian peneliti. Penelitian ini menguji antara pengaruh pelayanan fiskus dan tingkat kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak sebagai variabel pemoderasi. Data dikumpulkan dari kuisioner dengan menggunakan purposive sampling pada wajib pajak pribadi dan wajib pajak institusi di Yogyakarta. Jumlah kuisioner yang didistribusikan adalah 90 kuisioner dan kuisioner yang kembali 79 atau respon rate 87,78%. Setelah dilakukan penyeleksian terhadap kuesioner terdapat 4 kuesioner harus dikeluarkan dari sampel, kuesioner yang dapat dianalisis 75 kuesioner dianalisa dengan menggunakan analisa regresi. Hasil menunjukkan bahwa interaksi antara pelayanan fiskus dan kepatuhan wajib pajak secara statistik signifikan pada p 0,022 (p

Page 1 of 1 | Total Record : 7